Jumat, 06 Februari 2015

kehilangan terdahsyat (2)

Malam itu, hari Selasa tanggal 3 Februari 2015. Gue hanya memandang lirih ke landak gue, Jabrik-kun, yang sepertinya bosan berada di dalam kandang yang bau. Dengan niat yang mulia, gue mengeluarkan jabrik ke luar kandang dan membiarkan dia bermain mengeksplor kamar gue sementara gue membersihkan kandang dia. Dan ga berapa lama dari gue lepas, tiba-tiba terdengar suara “krauk krauk” dan gue menemukan jabrik sedang makan kamper yang mana mengandung naftalena yang berbahaya bagi tubuh. Buat manusia aja bahaya, gimana buat landak mungil gue! gue langsung panic dan bikin susu buat landak gue. oke setau gue susu itu penetralisir racun. Dan yang gue gatau adalah naftalena larut dalam susu._. selanjutnya gue googling cara mengatasi hewan yang makan kamper dan mendapati salah satu pertolongan untuk itu adalah arang aktif atau norit. Malam itu juga, sekitar jam 9 malam gue berlarian mencari norit.

Setelah mendapatkan norit, gue langsung menghancurkan 1 tablet norit dan menggambil ¼ nya untuk dilarutkan dalam air hangat. Setelah larut gue nyuapin landak gue. Ga berapa lama landak gue bersin-bersin. Gue kira itu bersin-bersin, dan ternyata dia ngeluarin busa dari mulutnya. Kalo kata temen gue yang dulu kucingnya dikasih norit gegara kucingnya ngejilat wipol, itu pertanda racunnya keluar. Baiklah gue merasa itu wajar. Dan proses ngeluarin busa itu berlangsung semalaman._.

Paginya landak gue terlihat ga aktif kaya biasanya. Dan gue tetep ngasih makan dia dengan paksa melalui pipet. Seharian itu berhasil kami lalui dengan aman.

Namun, tiba-tiba negara api menyerang pada hari Kamis tanggal 5 Februari 2015. Pas gue lagi nyuapin jabrik, jabrik langsung muntah-muntah. Dhuar, gue mulai panic kembali. Dan memutuskan untuk membawanya ke RSH terdekat.

Kata dokter hewan yang mengatasi landak gue, landak gue mengalami radang. Baiklah. Dan dokter memutuskan untuk menyuntik. Gue lupa itu suntik apa. Dan landak gue kalem aja pas disuntik. Kayanya sih doi emang udah lemes banget. Setelah menyuntik dan meneteskan 1 tetes obat anti muntah ke jabrik, gue membawa jabrik pulang ke kosan.

Ketika udah sampe di kosan, landak gue mulai menunjukkan tanda-tanda lemas. Oh mungkin emang efek obat, pikir gue. Gue pun mempipet air putih ke jabrik. Namun kali ini berbeda, jabrik yg biasanya memberikan pertahanan ketika gue suapin, telihat pasrah. Ketika gue berhasil memasukkan air putih ke mulutnya dia diem aja. Gue panic dan sambil nangis-nangis gue gerakin jabrik sambil bilang “ih jabrik jangan gitu donggg” dan dia memberikan respon dengan menelan air putih tersebut. Begitu terus sampe tiba-tiba dia kaya keselek dan gue kembali membalikkan badannya. Mungkin dia lelah, pikir gue. Gue lalu menyiapkan makan dia sambil membiarkan doi istirahat. Ketika gue mau nyuapin air putih lagi, dia kembali ga merespons, dan gue masih goyang-goyangin badannya. Dan kali ini bener-bener ga ada respon. Gue PANIK. Gue langsung ngehubungin Osy. Gue gatau harus ngehubungin siapa lagi yang bisa gue andalkan di saat itu T-T Sempet juga menghubungin yang lain, tp responnya ga sesigap Osy yang langsung datang ke kosan gue dan bantuin gue ngurusin Jabrik mulai dari mandiin sampe nguburin.

Sebenernya, Osy sendiri sih yang ngurusin jabrik pas mati itu. Gue ga berani megang sesuatu yg udah mati. Heran kan? Gatau gue ngerasa ga tega aja gt. Dan ga bisa ditolerir. Gue bener-bener takut dan ga bisa megang._.

Jabrik lemah tak berdaya, ternyata udah mati :(

Jabrik dimandiin Osy

Jabrik dikeringin

Jabrik dikafanin. siap dimakamkan

Setelah Jabrik siap dimakamkan, masalah pun datang: mau dikuburin dimana nih? Lalu gue dan Osy pun berniat mengelilingin IPB buat nguburin jabrik secara illegal. Namun, ketika gue dan Osy melewati lapangan parkir bis rektorat, kami menemukan mas-mas faspro IPB dan membantu gue mengubur Jabrik. Pemakaman jabrik yang gue kira bakal bikin gue nangis kejer malah ternyata bikin gue ketawa-ketawa gegara mas-mas faspro yang menghibur gue. Mereka ngomatin jabrik, awalnya sih pengen diazanin jg tapi gajadi. Yaudahlah terus pas dikubur mereka kasih nisan di makamnya jabrik. Belum lg mereka yang nyeplosnya tuh lucu banget bikin gue ga sedih.

Makam jabrik

Alhamdulillah, hari itu Allah mengirimkan gue malaikat-malaikat. Malaikat-malaikat itu antara lain Osy, mas-mas faspro, serta temen-temen yang menghibur gue di korfat saat itu. Saat itu gue Cuma pengen ada orang di deket gue, ada yg nemenin gue. gue ga minta dihibur yg gimana-gimana. Ada orang disekitar gue aja gue udah seneng, biar gue ga ngerasa sendiri……

Tiba-tiba rasanya Dejavu. Gue pernah ngalamin ini. Matinya jabrik merupakan kehilangan terdahsyat kedua yg pernah gue rasakan. Kehilangan terdahsyat yg pertama kali gue rasakan adalah meninggalnya nyokap gue. yang membuat momen-momen itu menjadi kehilangan terdahsyat adalah karena pada saat mereka sakit, gue yang ngurusin.

Gue inget banget, Nyokap gue meninggal pada tanggal 20-09-2009. Tanggal yang cantik memang. Tapi itu merupakan hari dimana terjadi kehilangan terdahsyat (1). Dulu gue pernah sempet ngepost cerita itu di blog gue pas SMA. Cuma blog gue udah gue apus pas itu._.

20-09-2009. Tanggal cantik itu bertepatan dengan hari raya Idul Fitri. 19-09-2009. Malam takbir itu gue habiskan mendengar suara takbir di RS Abdi Waluyo, Menteng. Malam itu berbeda dari biasanya. Semua berkumpul di salah satu kamar, dimana tempat tidurnya terbaring nyokap gue. malam itu nyokap gue memeluk satu-satu semua orang yang ada disana. Lalu semua pulang ke rumah masing-masing, kecuali abang gue dan bokap gue. gue pulang ke rumah

Selama di rumah, telpon selalu berdering live report dari bokap gue. sampe tiba menjelang subuh, gue lupa tepatnya jam berapa, bokap gue ngabarin kalo nyokap gue anfal (gue gatau penulisannya itu anfal atau amfal atau yg lain), ya intinya nyokap gue sekarat. Tante gue menyarankan buat gue segera ambil wudhu buat solat. Gue bergegas ke kamar mandi dan ngambil wudhu. Pas gue keluar dari kamar mandi, gue menemukan tante gue. tante gue Cuma bilang “de, jangan sedih ya” gue sepertinya udah tau apa kalimat selanjutnya “mama udah ga ada de”

Jedyar. Kehilangan terdahsyat (1). Gue ga bisa menggambarkan gimana rasanya. Rasanya tuh yg pasti sedih sesedih-sedihnya. Itu untuk pertama kalinya gue ngerasain yang namanya kematian yg begitu membekas di hati gue. cukup lama nyokap gue sakit, dan gue yang selalu berada di sampingnya. Siapa lagi yang akan ngurus nyokap gue dimana kakak-kakak gue merantau dan bokap gue sibuk kerja? Yak semenjak saat itu, kehidupan gue bener-bener berubah…

Banyaknya ucapan belasungkawa turut meramaikan hape gue. siapa peduli, gue lebih butuh orang, bukan sekedar text. Tapi gue berterima kasih buat yang udah ngucapin sih, gue ngerti kok pada saat itu lebaran, banyak temen gue yg pulang kampung atau lg silaturahmi. Ngerti banget.

Sorenya, setelah pemakaman selesai, seseorang datang ke rumah gue. Mata gue masih sembab. Lebih kaya abis ditonjokkin orang sekampung. Padahal kenyataannya, gue ditonjokkin kesedihan akibat kehilangan terdahsyat (1) itu. Gue dan seseorang itu sepertinya sama-sama gatau harus memulai obrolan darimana. Karena memang semua terasa aneh, di saat seperti ini harus mulai darimana. Akhirnya dia membuka mulut, “ini dari Ibu” sambil menyodorkan setoples kue kering ke gue, “Ibu yang bikin sendiri”. Obrolan pun berlanjut dan secara berangsur menyembuhkan rasa sedih gue di hari yang berat itu
              

Segala sesuatu yang berjudul kehilangan biasanya memang selalu meninggalkan rasa sedih. Kehilangan means perpisahan. Dan kalo kata Anji Drive “Perpisahan bukanlah duka, meski harus menyisakan luka” Tapi menurut gue itu nyisain duka juga sih. Kehilangan berarti harus adaptasi lagi, karena udah ga ada doi yang mengisi hari-hari lo. berat. Emang. Apalagi setiap denger lagu sedih, padahal sebenernya itu lagu ngisahin tentang patah hati karena ditinggal pacar, namun ketika gue denger lirik yang pas bagian sedihnya, gue jd teringat kehilangan terdahsyat gue.

“Are you afraid of being alone?
Cause I am
I’m lost without you
Are you afraid of leaving tonight?
Cause I am
I’m lost without you”
-I’m lost without you by Blink 182

“This is more than goodbye.
When I look into your eyes
You’re not even there.
It’s just a feeling
Just a feeling that I have.
Cause I can’t believe that is over”
-Just a feeling by Maroon 5









3 komentar:

  1. kasian si jabrik. . . semoga tenang di alam sana,.

    Btw, dia muslim ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin kak makasih kak doanya o:)
      Iya alhamdulillah khusnul khotimah kak doi.....

      Hapus
    2. Aaamiiin kak makasih kak doanya o:)
      Iya alhamdulillah khusnul khotimah kak doi.....

      Hapus