Jumat, 22 Agustus 2014

Sepenggal kisah PL

Haloha setelah lama ga posting. Dan gue ingin memosting sesuatu tentang kesibukan gue akhir-akhir ini. Gue tau pasti lo udah kangen kan sama postingan gue. Eh siapa yg kangen? Ah entahlah. Yg penting ngeblog

Jadi, beberapa bulan belakangan ini, gue sedang sibuk PL. Apa itu PL? PL itu adalah Praktik Lapangan. Dan itu adalah sebuah mata kuliah wajib dari kampusku tercinta. Tau beban sksnya berapa? Tiga. Tau harga per sks nya berapa? Ceyatus ibu. Jadi karena ini 3 sks total biaya untuk matkul ini adalah 300rb. Mayan juga yey

Pada jaman-jamannya temen-temen gue pada gerak cepet bikin proposal dan nyari perusahaan, entah kenapa gue santai banget-_- bahkan gue cuma daftar ke satu pabrik. Alhamdulillah ya keterima.

Oke mulailah gua praktik lapangan di salah satu pabrik yg cukup famous di jalan daan mogot. Sebagai anak PL, gue lebih terkenal sebagai anak magang. Entahlah kayanya disana lebih ngehitz kata magang dibanding PL. Jadi kalo ada yg nanya gue siapa, gua akan langsung jawab kalo gue anak magang. Singkat, jelas, dan padat. Coba kalo gue jawab gue anak yg PL disitu. Pasti pertanyaan selanjutnya akan "PL itu apa?" "ngapain?" "bedanya sama magang apa?" walaupun gue tau jawabannya, tp gue terlalu letih untuk menjawab orang-orang yg bertanya itu-_-

Cukup sedih juga gue kemana-mana ga jelas ngalor ngidul nya kemana. Mana sendirian pula *eh. Dan dengan keplegmatisan gue, lengkap sudahlah gue makin gatau apa yg harus gue lakukan. Untung ketemu sama anak magang yg lain juga, cuma beda departemen. Dan semenjak ketemu dia, hidup gue berubah. Tsaaah. Kebetulan doi udah cukup lama magang disana. Terus gue liat aja catetannya sambil sesekali nyatet dr catetan dia haha. Terus dia ngasih tau apa yg harus gue lakukan dan kemana aja. Mayan lah yaa, ada yg gue ketahui gue harus apa haha. Dan semenjak ada dia juga, gue punya temen makan siang! Yuhuuy.

Setelah cukup lama kita makan siang bersama, akhirnya kami berpisah karena bulan ramadhan telah tiba di kala itu. Jadi si doi itu beda keyakinan sama gue. Gue islam dan pada bulan ramadhan gue melaksanakan ibadah puasa jadi ga bisa ikut doi makan siang di kantin. Dan ga berapa lama, masa magang doi selesai. Dan fix gue ga ketemu lg sama doi. Cuma di bbm kita temenan sih. Dan lucunya ultah kita samaan._.

Nah bingung kan selama ramadhan apa yg harus gue lakukan-_- mau main sama temen kenalan di PL, eeh doinya kalo siang makan siang di kantin. Lah aku kudu piye toh dari jam 12 sampe jam 1 siang!? Dan voilaaa gue menemukan aktivitas yg sangat gue sukai, yaitu tidur siang. Awalnya sih gue segan gt kan tidur di kantor. Ya malu aja secara gue anak PL terus tidur di kantor, kan kesannya jelek aja gt ya. Untung ada mbak2 kantor yg ngajakin gue tidur di kantor. Dengan beralaskan kardus, kita pun tidur setiap jam istirahat. Tapi aktivitas tidur selama jam istirahat ini hanya dilakukan pada saat bulan ramadhan aja. Karena kalo bulan lain, biasanya doi pulang ke humz. Fyi, para karyawan biasanya kalo istirahat siang itu pada pulang ke rumah secara rumahnya pada deket dgn pabrik

Sebulan pun berlalu dan akhirnya kita semua meninggalkan bulan ramadhan :" dan kali ini gue mulai bingung gue harus apaaa selama jam istirahat. Mau tidur tp ga enak juga gegoleran di lantai sendirian-_- untung gue pas bulan ramadhan sempet kenalan sama ibu-ibu heboh yang amat sangat welcome sama gua. Dan gue juga lumayan sering mengunjungi mereka dan ketika gue pamit pulang, biasanya mereka akan blg "naura kalo istirahat tidur disini aja yaa" dan waktu itu gue sempet nyobain tidur disana sama ibu-ibu itu. Enak deh tempatnya, anginnya sepoi-sepoi gitu dan alhamdulillah tidur gue lebih nyenyak dibanding di kantor. Tapi bangun-bangun tau ga apa yg terjadi sama gue? Gue ga bisa ngomong. Seriusan. Kaya isinya reak semua itu di tenggorokan. Tiap mau ngomong sesak dan enek banget. Finally gue muntah. Lalu suara gue berangsur normal. Dan semenjak hari itu gue gamau tidur disitu lg.

Namun, berhubung gue ga punya tempat untuk bernaung setelah bulan ramadhan, akhirnya gue kembali main ke tempat ibu-ibu itu. Pas gue ceritain kenapa kemaren gue ga mau tidur disitu lg, ibu-ibunya blg "yg punya belum kenal kali tuh hehe. Lagi kamu asal tidur aja. Yaudah minta maaf gih" deng. Iya sih emang tempat itu terkenal angker. Tapi ya aku mau kemana lg kalo ga kesitu. Salah satu ibu disitu pun cerita kalo dia sering digangguin sama penunggu disitu. Hem baiklah... Toh gue tidurnya berame-rame. Insya Allah aman lah yaa

Selama PL disana, gue sering banget dianggep anak SMK magang. Iya karena ukuran mini tubuh gue yg emesh ini, ga heran deh kalo dibilang anak SMK. Dan rata-rata siyok gitu pas gue bilang gue mahasiswa semester tujuh di PTN. Dan biasanya komentar mereka adalah "wah anak PTN ya? Pinter dong ya?" sumpah gue bingung mau jawap apaan--" paling sok-sokan blg "ah ga juga kok" terus biasanya setelah doi nanya gue jurusan apa,biaya masuknya berapa, dll yg tentang kuliah gitu, mereka akan blg "beruntung ya bisa kuliah. Di ptn pula. Nanti kalo udah sukses jangan lupa sama kita-kita ya" terharu banget :') dan pastinya gue bersyukur sekali karena gue masih diberikan kesempatan buat melanjutkan ke tingkat perkuliahan :') rata-rata dari mereka sih bilang nyesel ga lanjutin ke kuliah :(

Selain kehidupan kuliah gue diobrak-abrik, gue juga banyak menemukan kisah-kisah inspiratif dari orang-orang disana. Eh ga inspiratif juga sih, maksudnya kaya ehem lovelife mereka gidudeh. Lumayan banyak cinlok yang terjadi di lingkungan kerja. Hal ini disebabkan waktu kerja yg cukup menyita waktu pribadi dan ketemunya sama si itu lagi si itu lagi lalu akhirnya cinlok deh. Pada beberapa cinlok, ada yg berujung dengan pernikahan, namun ada juga yg berakhir kandas. Pfft. Unyu aja sih liat suami istri berangkat dan pulang dari pabriknya barengan. Nahhhh kalo yg putus gimana tuh nasibnya? Nahhh ada nihhh!!! Hot banget!!! Jadi ada nih dulu ada dua buruh sempat memadu kasih. Tsaah. Pas pacaran sih unyu lah ya yg cowo suka bantuin si cewe. Namun setelah putus, tiba-tiba si cewe dipindahkan ke satu bagian sama si itu cowo, dimana si cowo jadi mandornya. Alhasil? Si cowo jutekin cewenya gt pas kerja, pokoknya ya gt deh sikapnya dingin. Boro-boro mau bantuin-_- kasian juga sih, tp ya gitu deh adanya cinta yg kandas biasanya menimbulkan hubungan yg tidak cukup harmonis diantara kedua belah pihak

Terus ada lg karyawan yg curhat ke gue mengenai cinta sejatinya yg ga bisa dia milikin. Sedih sih jadi ceritanya doi suka sama cewe, cewenya jg suka. Tp mereka ga pacaran, temen main gt aja. Terus pd suatu hari yg indah, si cewe blg kalo bonyoknya mau ngejodohin dia sama cowo yg ganteng, punya mobil, dll nya. Terus si karyawan cowo ini nyuruh si cewe mau aja dijodohin. Karena dia takut si cewe ga bahagia kalo sama dia :'( iya, cinta itu adalah ketika melihat dia bahagia, walau bukan bersama kita, tapi kita tau kalo kita adalah bagian dari kebahagiaannya juga.

Ah sudahlah....

Kisah unyu lainnya adalah ada salah satu karyawan yg nekat nikah padahal ga disetujuin sama orang tua kedua belah pihak. Doi ceritainnya seru sih, cuma ya intinya sih gitu.

Duh bosen jg ya ngomongin love life. Mari kita beralih ke kisah inspiratif. Ada loh kisah yg kaya di tipi-tipi gitu. Berawal dari jadi tukang sapu lalu naik jabatan dan naik naik naik naikkkkk hingga jadi supervisor. Terharu dengernya. Jadi, doi selama jadi tukang sapu itu ikut kuliah kan biasalah kelas karyawan. Dan voila punya title s1, kariernya naik dan naik lalu jadi supervisor saat ini :') oke fix tuntutlah title sarjana setinggi mungkin👌

Selain dapet kisah inspiratif, gue juga dapet gambaran dunia kerja. Seriously, dunia kerja is very dangerous. Sumpah deh. Ada beberapa orang yg saraaaa banget. Bisa karena suku, agama, pendidikan, hingga hal yg menurut kita pun ga ada alesan buat di sarain. But trust me, this shit happened. I just cant tell you the details. At least, i warned you.

Ya namanya juga dunia kerja. Udah urusannya sama perut. Bukan perut doi doang, tp doi dan keluarganya. Jadi lah ya ga heran kan kalo bakal ada aja usaha menjatuhkan orang pfft

Oke kembali ke urusan PL gue. Sumpah ya gue merasa amat sangat gabut selama PL. Gue tau gue harus apa, tp gue nyantai banget. Dan ga kerasa udah h-2 minggu PL gue akan segera berakhir. Awalnya sih masih selon gue, sampe pembimbing lapang gue nagih laporan. Alamakjang!!!! Dan sekarang gue lagi sengebut-ngebutnya orang yg lg ngerjain laporan haha. Biasalah the deadline knight

Itu kisah PL ku. Kalo PL mu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar